Home » » Tradisi Unik Keong Pindah Rumah Rame Rame

Tradisi Unik Keong Pindah Rumah Rame Rame

Tradisi unik dunia hewan - mungkin sebagian besar dari anda mengenatui atau mengenal hewan yang bernama keong atau kelomang ini, yakni hewan yang biasa kita jumpai di pantai pantai berpasir kasar yang memiliki bentuk rumah atau cangkang yang beraneka ragam dan terlihat indah.

Dan tahukah anda bahwa keong atau kelomang ini tidak bisa membuat rumah atau cangkangnya sendiri seperti siput yang bisa menumbuhkan cangkang, kelomang atau keong ini memanfaatkan cangkang hewan lain baik kelomang lain ataupun cangkang siput yang nantinya akan digunakan sebagai rumah mereka. Bahkan jika se ekor keong atau kelomang ini melihat ada cangkang kosong dengan bentuk yang unik dan indah, maka mereka akan buru buru mendekatinya dan langsung berpindah dari cangkang yang dia pakai ke cangkang yang mereka temukan tadi.

Tradisi Unik Keong Pindah Rumah


Namun dalam hari tertentu sejumlah keong atau kelomang ini dalam jumlah besar dan sangat banyak melakukan tradisi unik yaitu berpindah rumah secara ramai ramai layaknya seseorang yang sedang mengantri sembako. Biasanya tradisi ini dilakukan ketika se ekor kelomang besar menemukan sebuah cangkang baru yang memiliki ukuran lebih besar yang cocok ia gunakan, maka secara spontan kelomang tadi akan melompat berpindah, di ikuti dengan barisan kelomang tadi dari yang berukuran lebih kecil darinya dan biasanya dalam satu kelompok transmigrasi ini di ikuti lebih dari 5 sampai 6 keong dalam prosesinya yang secara kompak bersam sama melakukan perpindahan rumah secara urut. Penasaran ? silahkan anda lihat videonya sampai habis dibawah ini.

Tradisi kelomang / keong pindah rumah




Source
Original tittle       : Hermit Crab House Shopping
Channel youtube : Discovery channel

Dan proses perpindahan tersebut haruslah dilakukan secara cepat, sebab jika tidak dilakukan dengan cepat, cangkang yang sudah ditinggal pemiliknya tadi bisa direbut oleh keong lain yang tidak ada didalam kelompok, sehingga hal ini dapat berakibat fatal bagi keong atau kelomang yang kehilangan rumah / cangkangnya baik dari sengat teriknya matahari ataupun dimangsa oleh predator lain diluar sana.

Baca juga : Negara yang mengaji pengangguran di negaranya

Oh iya, alasan kelomang atau keong tadi melakukan perpindahan cangkang selain mencari rumah baru yang memiliki ukuran lebih besar agar mampu menampung pertumbuhannya, juga bermanfaat untuk menarik minat lawan jenisnya jika cangkang yang mereka miliki sangat indah dan menawan.


0 comments:

Post a Comment

Advertisement

Your Ads Code Here