Home » » Keren Begini Asal Usul Tiang Lampu BarberShop

Keren Begini Asal Usul Tiang Lampu BarberShop

Sejarah lampu tiang barbershop - di masa lampau tepatnya di jaman pertengahan, di barbershop bukan hanya rambut saya yang dipangkas, melainkan disini juga melayani dan membuka jasa bedah atau operasi, cabut gigi dan juga terapi sedot lintah yang mana pada era ini sedot darah menggunakan terapi lintah sangat umum digunakan.

lampu barbershop


Dulunya pihak otoritas perancis membuat aturan yang membedakan antara ahli bedah profesional yang biasa bekerja di rumah sakit dengan ahli bedah amatir atau ahli bedah yang ada di barbershop tadi. Namun memasuki abad ke 14, para ahli bedah barbershop ini diberikan ijin untuk mendirikan serikat pekerja serta di ijinkan pula untuk mempelajari dan mendalami ilmu bedah yang lebih profesional di fakultas kedokteran hang ada di paris perancis.

Salah satu ahli bedah di kerajaan perancis yang juga disebut sebagai bapak ahli bedah modern ini awalnya juga berasal dari tukang bedah amatir yang ada di barbershop.

Dan awal mula sejarah dari penggunaan tiang barber yang memiliki ciri khas dengan warna kombinasi putih, merah dan biru memelintir ini ialah karena para tukang bedah yang ada di barbershop suka meletakkan perban bekas proses pembedahan di tiang depan pintu masuk barbershop. Kemudian perban ini tertiup oleh angin dan pada akhirnya melilit / memelintir ke tiang penjemurnya sehingga kemudian menghasilkan warna kombinasi dua warna yakni merah ( warna perban yang terkena darah ) dan putih ( warna perban yang tidak terkena darah ). Dan kemudian kebiasaan seperti ini menjadi ciri khas dari tiap klinik barbershop, yakni sebagai penanda bahwa disitu adalah klinik barbershop.

Kemudian seiring dengan berkembangnya waktu pemandangan yang seperti itu dianggap banyak orang sebagai pemandangan yang sangat menjijikkan, sehingga penanda konvensional ini diubah dan diganti dengan sebuah penanda lain yakni dengan jalan mengecat warna tiang tadi dengan kombinasi 3 warna, putih, biru dan merah. Warna putih yang melambangkam warna perban, warna merah melambangkan warna darah serta warna biru menggambarkan warna pembuluh vena yakni sebuah pembuluh dimana nantinya darah akan disedot. Sedangkan bulatan yang ada diatas tiang tadi menhgambarkan sebuah wadah penyimpan lintah, sedang wadah yang ada dibawah tiang menggambarkan wadah baskom penampung darah. Dan model dari tiang barbershop pada masa itu masih belum bermutar alias masih statis atau diam.

Dan pada sekitar tahun 1950 an di negara amerika mulai memproduksi tiang penanda ini secara massal dengan model yang lebih modern yakni dapat terputar, lalu pada bagian baskom atas digantikan dengan model bola, serta khusus untuk pemakaiannya bukan lagi ditujukan untuk klinik penyedot darah, namun dikhususkan untuk tempat potong rambut. Dan dalam rentang waktu 17 tahun sejak model pertama tiang penanda modern ini dibuat, setidaknya sudah terjual sebanyak 50 ribu tiang penanda barbershop.

Dan seiring dengan menjamurnya bisnis barbershop ini di amerika, pads tahun 1996 saja rata rata penjualan tiang penanda ini mencapai 70 ribu buah per perusahaan. Dan pada tahun yang sama yakni di tahun 1996 penjualan pun semakin merosot akibat adanya pembatasan penggunaan tiang penanda barbershop yang bisa berputar ini dengan alasan bisa menyebabkan pusing dan hilangnya fokus / konsentrasi para pengemudi saat melihat tiang ini berjajar di pinggir jalan.

Meskipun disaat itu telah di atur dan dibatasi pemakaiannya, model tiang barbershop ini justru mewabah ke seluruh dunia dan bahkan seluruh dunia pun sepakat jika di suatu bangunan terpasang tanda ini, maka disitu terdapat barbershop. Ketika tiang tersebut berputar / aktif menandakan bahwa barbershop sedang dibuka, dan bila tiang tersebut tidak terputar maka hal ini menandakan bahwa barbershop tersebut sedang tutup dan tidak melayani pelanggan.


0 comments:

Post a Comment

Advertisement

Your Ads Code Here